Listrik Di Tempatmu Tiba-Tiba Padam? Lapor Lewat PLN Mobile Biar Cepet Ditangani
Daftar Isi
Di cuaca yang tak menentu ini, apalagi saat hujan yang tak surut berhenti hingga angin pun turut menampakkan eksistensinya. Keberadaan pak PLN sangat dibutuhkan masyarakat. Sebab, hujan angin sering membuat trafo listrik meledak hingga menyebabkan listrik mati.
Tak jarang, banyak teman-teman yang menanyakan bagaimana cara pengaduan listrik padam ke PLN. Saya jawab disini ya gaes, Aduan ke PLN terkait listrik padam bukan langsung melalui kantor PLN terdekat ya, melainkan melalui aplikasi PLN Mobile. Jadi nantinya PLN unit terdekat mendapat instruksi dari aplikasinya langsung.
Prosedur Pengaduan Listrik Padam
1. Download aplikasi PLN Mobile melalui Google Playstore (bagi yang belum punya aplikasinya)
2. Buat akun, masukkan ID listrik rumahmu
3. Pada tampilan Beranda aplikasi, klik menu PENGADUAN kemudian pilih Pengaduan-Listrik Padam
4. Klik nomor ID listrikmu (karena langsung mendeteksi lokasi terjadinya listrik padam)
5. Muncul google maps untuk mengecek titik lokasi, apakah sudah sesuai atau belum
6. Klik Konfirmasi
7. Lengkapi detail pengaduan termasuk deskripsi pengaduan, kemudian bukti foto listrik padam
8. Kirim atau submit.
Mudah sekali, kan?
Berdasarkan pengalaman saya selama melaporkan pengaduan listrik padam, 40-60 menit dikonfirmasi atau ditelfon dari PLN wilayah (PLN Bangsri), kemudian menanyakan wilayah mana yang padam, dan memastikan kembali apakah listrik padam hanya terjadi di rumah saya saja, ataupun disekitar rumah juga padam.
PLN menanyakan detail untuk persiapan alat-alat yang akan dibawa untuk perbaikan listrik padam. Kalau dari pengalamanku di setiap pengaduan, maksimal 3 jam perbaikan diselesaikan atau paling cepat 1 jam selesai perbaikan. Setiap selesai perbaikan dan listrik sudah menyala, PLN Unit Kudus akan memberikan pesan whatsapp dan mengucapkan terima kasih telah menggunakan layanan PLN Mobile.
Posting Komentar